Setelah sempat mengalami kekosongan pelatih, Timnas senior Indonesia tidak menunggu waktu yang lama akan mencari calon – calon yang akan menjadi pelatih Timnas yang baru. Komite Teknis Dan Pengembangan PSSI pada rapat yang digelar pada jumat , 27 Mei 2016 kemaren ini, telah mendapat 4 calon pelatih timnas yang akan melatih tinmas dalam permainan sepak bola. 4 kandidiat calon ini masih dalam tahap masa pertimbanagan oleh Komite Teknis Dan Pengembangan PSSI.

 

Setelah FIFA mencabut sanksinya, Timnas Senior Indonesia diperbolehkan untuk mengikuti berbagai pertandingan nasional dan sekarang ini Timnas Indonesia  sedang dikejar berbagai agenda pertandingan  national dan international.Salah satu agendanya adalah pertandingan persahabatan AFF Suzuki Cup 2016 pada tanggal 19 November hingga 17 Desember yang akan menampilkan Timnas Indonesia Senior melawan Myamar dan Filipina. Tentu saja untuk melawan club sepak bola dunia tersebut, diperlukan persiapan yang sangat mantap untukmeraih kemennagan dan prestasi yang baik.

 

Selama mengalami kekosongan pelatih ini, sampai sekarang ini belum menemukan pelatih pengganti yang dianggap pas untuk melatih Timnas Senior Indonesia. Mengetahui hal tersebut Badan Komite Teknis Dan Pengembangan PSSI segara mengambil tindakan dengan memilih 4 kandidat calon pelatih timnas senior Indonesia ini. Dan sudah berhasil menemukan nama – nama kandidat yang akan menjadi pelatih Timnas senior Indonesia ini. Namun, ketika ditemui di Senayan kemaren, ketua Komite Dan Pengembangan PSSI masih merahasiakan siapakah nama – nama yang akan dicalonkan sebagai pelatih Timnas senior Indonesia dan beliau juga berkata akan segera diumunkan jika memang sudah ada kepastian pada rapat yangakan digelar beberapa waktu mendatang.

 

Azwan Karim, Sekjen PSSI , juga menambahkan bahwa kemungkinan pelatih yang dijadikan kandidiat sebagai pelatih timnas senior Indonesia ini berasal dari local dan tidak menutup kemungkinan juga calon kandidat pelatih timnas senior Indonesia berasal dari luar negeri . Tandasnya ketika di wawancarai oleh wartawan di kantor pusat PSSI

 

Namun tidak hanya untuk timnas senior indonseia saja, Badan Komite Teknis Dan Pengembangan PSSI juga akan berencana memberikan pelatih terbaru untuk melatih Timnas U – 19. Namun sama dengan halnya calon pelatih Timnas Senior,nama – nama kandidat pelatik Timnas U – 19 juga masih dirasiakan siapa saja kandidiatnya. Sampai saat ini, masih tercacat 3 kandidat yang akan di calon sebagai pelatih Timnas U-19

 

Ditanyai mengenai persyaratan apa saja yang harus dimiliki oleh pelatih yang nantinya akan melatih timnas senior dan tinmas U – 19, sekjen PSSI mengatakan bahwa semua calon pelatih yang akan melatih timnas senior maupun timnas U- 19 harus memiliki linsesi minmal B AFC, pelatih kipper AFC level 1, pelatih fisk B AFC, dan calon pelatih harus memiliki latar belakang sport science terutama di dalam bidang sepak bola serta menpunyai pengalaman sebagai pelatih olahraga ( sepak bola)

Saat ditanya mengenai bagaimana cara menentukan kandidat – kandita pelatih Timnas senior dan Timnas u – 19 ini, beliau juga menambahkan bahwa semua kandidat – kandidiat ini dipilih berdasarkan hasil seleksi dan survey yang ketat. Mulanya , manajemen PSSI mendapatkan sekitar 20 puluh kandidat calon pelatih. Namun setelah dilakukan penyeleksian yang ketat akhirnya ditemukan 4 kandidat calon pelatih Timnas Senior dan 3 kandidat untuk calon Timnas U – 19. Kandidat – kandidat calon pelatih tersebut masih akan diseleksi lagi, hingga terpilih dua yang terbaik untuk melatih timnas senior dan u – 19 dengan lebih baik lagi.